PENDATAAN DAN VALIDASI REALISASI 8355 DI SMP NEGERI 15 JAKARTA DALAM PENERAPAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING BERSAMA TEACH FOR INDONESIA (TFI)

by - Desember 08, 2015



Kelas                             : LD01
Nama Dosen               : Silverius Constantino Johanes Maria Lake, M.Hum
Kode Dosen                 : D3324

Tanggal Kegiatan       : Selasa, 27 Oktober 2015
Waktu Kegiatan          : 10.00  WIB
PIC Lokasi                    : Nanda Eka Saputra
Lokasi Kegiatan          : SMP Negeri 15 Jakarta
Alamat Kegiatan         : Jl. Prof Dr Supomo SH Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan

Tim yang Hadir:
Ketua
1. Septa Tirawan - 1701327730

Anggota
1. Annisa Fitriana  - 1701369121
2. Maura Amalia K - 1701310742
3. M. Satrio Bayu  - 1701326381
4. Nanda Eka Saputra - 1701363742
5. Naura Hilal Tawab - 1701323871
6. Ovi Fitri Adelina - 1701346534
7. Yunizzah Rachma A. - 1701312672
Ovi - Nizzah - Annisa - Maura - Naura - Septa - Satrio - Pak Ari - Eka

Isi
Teori
Etika berasal dari dari kata Yunani ‘Ethos’ (jamak – ta etha), berarti adat istiadat. Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat. Etika berkaitan dengan nilai-nilai, tatacara hidup yg baik, aturan hidup yg baik dan segala kebiasaan yg dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang yang lain atau dari satu generasi ke generasi yg lain.
Teori-teori Etika : 
1. Utilitarianisme
Suatu perbuatan dapat dikategorikan baik secara etis, bila perbuatan tersebut membawa manfaat. Manfaat disini berbicara mengenai kesenangan atau kebahagiaan bagi orang banyak.

2.Duty-Based Ethics
Teori etika ini dikembangkan oleh Emanuel Kant. Suatu perbuatan diakui sebagai perbuatan baik karena perbuatan tersebut diwajibkan untuk dilakukan, dan perbuatan yang lainnya dilarang. Ini berarti bahwa yang menjadi dasar baik buruknya suatu perbuatan adalah kewajiban. Kewajiban merupakan satu-satunya prinsip yang mengkategorikan suatu perbuatan sebagai perbuatan yang baik. 

3.Right-Based Ethics
Teori ini paling banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku. Teori ini berfokus pada hak-hak yang dimiliki oleh seseorang, karena itu teori in sangat cocok dipakai pada sebuah negara yang menganut paham demokratis.

4.Teori Keutamaan
Pendekatan etika berdasarkan teori keutamaan lebih menyoroti manusia sebagai pribadi yang utuh, manusia sebagai pelaku moral. Teori ini memperhatikan sikap/akhlak seseorang. Ada empat keutamaan dalam teori ini yaitu adalah kejujuran, fairness, kepercayaan dan keuletan.

Persiapan

Kami melakukan validasi 8355 di hari yang sama dengan pendataan KJP karena seluruh anggota kelompok ingin hari itu juga selesai melaksanakan semua kegiatan. persiapan yang kami lakukan untuk validasi 8355 adalah dengan membawa berkas yang dibutuhkan untuk validasi. 

Kegiatan di SMPN 15 Jakarta

Kami kembali ke Ruang guru untuk mewawancarai perwakilan sekolah yaitu Pak Ari, dimulai dari pendapatnya tentang survey KJP yang dilakukan hingga hal-hal personal seperti pengalaman dan kendala pekerjaan bapak tersebut, lalu kami melakukan kegiatan verifikasi 8355. Apa itu verifikasi 8355? verifikasi data 8355 itu memeriksa apakah data 8355 yang ada di sekolah cocok atau tidak dengan data 8355 yang ada di Dinas Pendidikan. Melakukan pencocokan data nama siswa yang ada di daftar sekolah dan Dinas Pendidikan, apakah terdapat nama-nama siswa yang tidak sesuai di antara kedua daftar tersebut. Selanjutnya kami diberikan hard copy 8355 dari pihak sekolah untuk kami validasa kecocokan antara data sekolah dengan data dari Dinas Pendidikan.





Survey Eksternal

Survey Eksternal yang kami dapatkan dari pihak sekolah setelah pelaksanaan kegiatan ini adalah semua anggota telah melakukan dengan cukup baik. Berikut form evaluasi yang diisi oleh pihak sekolah.




Survey Internal

1. Disiplin

Pada hari pelaksanaan semua anggota kelompok disiplin dengan berpakaian rapih dan tepat waktu tiba di sekolah tujuan. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan validasi 8355 lengkap dengan alat tulis, membawa ID Card, dan juga almamater.

2. Ide - Ide yang Disampaikan

Semua anggota kelompok berpartisipasi menyampaikan idenya masing - masing dan saling terbuka untuk menerima ide dan masukkan satu sama lain, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara efektif.

3. Penerapan di Lapangan

Saat kegiatan berlangsung semua anggota kelompok berkomunikasi dengan baik, semuanya sesuai dengan apa yang dibicarakan saat briefing, sehingga pelaksanaan di lapangan berjalan dengan lancar.

4. Inisiatif

Untuk inisiatif masih sangat kurang anggota satu dan yang lainnya harus saling meloby/mengingatkan satu sama lain supa tidak terjadi miss saat pelaksanaan. Jadi disini dibutuhkan komunikasi yang efektif agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan dan kesalahpahaman antar anggota.

5. Sikap(Etika)

Etika pastinya seluruh anggota kelompok sangat menyadari pentingnya menerapkan etika yang baik terutama di lingkungan baru. Seperti seluruh anggota kelompok menggunakan bahasa yang sopan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua, dan menggunakan kata - kata yang pantas saat berbicara dengan para siswa. Sehingga dapat meninggalkan kesan yang baik bagi kami sendiri dan juga pihak sekolah.


Penutup

Hasil Kegiatan
Hasil kegiatan untuk pelaksanaan kedua ini adalah data validasi 8355 yang datanya sudah kami cocokan dengan data dari sekolah. Jumlah siswa/i 8355 ada 248 orang. Terdapat 7 siswa/i yang tidak cocok. Selanjutnya akan kami input ke Google Docs.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami ambil dari validasi 8355 ini adalah kami mendapatkan data 8355 dari pihak sekolah yang kemudian kami cocokan dengan data dari Dinas Pendidikan. dan juga dalam pelaksanaan tugas ini kami dapat belajar sebagai seorang profesional. Seorang profesional melakukan kegiatan tertentu dengan izin Negara dan bertanggung jawab serta mengabdi pada masyarakat yang membutuhkan bantuan kita.

Next to Do

Selanjutnya akan dilakukan penginputan data 8355 ke Google Docs oleh ketua kelompok.

Informasi Jumlah Peserta
Peserta dalam pendataan kali ini ada 8 orang dari kelompok kami.

You May Also Like

0 komentar