Tugas GSLC 1 Sistem Operasi

by - Oktober 08, 2015

Multiprocessor and Embedded System

1.Perbedaan Multicore, Multiprocessor, Multitasking & Multithreading serta berikan contohnya.
Multicore
merupakan processor yang memiliki dua atau lebih inti processor (Core). Tugasnya melakukan pengolahan aplikasi. Semakin banyak jumlah core, makin baik performa processor tersebut karena aplikasi dikerjakan oleh banyak pengolah.
Contohnya Processor Intel yang sekarang rata-rata menggunakan Dual Core, misalnya Intel Atom,Pentium dan Core i3.

Multiprocessor
adalah sebuah sistem yang terdiri dari 2 atau lebih CPU (Processor). Nama tempat dimana processor dipasang adalah Socket. Jika system bisa dikonfigrasi dalam mode Dual Processor, artinya motherboard memiliki Dual Socket didalamnya.
Contohnya Processor Intel Xeon E5 bisa dipasang dalam konfigurasi Dual Processor

Multitasking
merupakan metode untuk menjalankan lebih dari satu proses/aplikasi dalam waktu yang bersamaan dan diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama.
Contohnya Unix, Linux, FreeBSD (SO turunan Unix)

Multithreading
Multithreading berasal dari istilah “Hyperthreading” yaitu sebuah processor dengan teknologi yang membuat satu processor dikenali sebagai dua processor secara virtual. Pengertian teknisnya adalah, sebuah processor hyperthreading bisa menyalurkan dua aliran data (thread) sekaligus dalam satu waktu. 
contohnya seperti processor Intel Core i7 memiliki quad-core, maka hyperthreadingnya juga ada 4 buah. Sehingga processor ini dikenal sebagai processor dengan 8 core, yaitu 4 core asli dan 4 core hyperthreading.

2.Pengertian Single Core, Dual Core, Core 2 Duo, Multi Core dan Quad core
Single Core
merupakan processor yang berinti 1 dimana Processor hanya dapat melakukan satu tugas dalam satu waktu(tak bisa melakukan tugas pararel). pengggunaan isngle core masih sangat terbatas.

Dual Core
merupakan processor yang berinti 2. Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.

Core 2 Duo
Processor jenis ini lebih efisien menjalankan multitasking, ada dua prosesor dalam satu tempat kerja dan terjadi peningkatan kinerja yang lebih optimal, karena satu kerjaan/lebih dikerjakan oleh dua processor sekaligus jadi lebih hemat daya dan efisien

Quad Core
merupakan satu unit processor yang dibuat dari empat inti (core) yang memproses data. Multi-processor mengalokasikan proses berbeda untuk core individu menggunakan suatu metode yang disebut dengan multitasking. Metode ini dapat membantu sistem operasi untuk berjalan secara lebih efisien.


3.Perbedaan system singleprogramming dan multiprogramming
Single programming
adalah satu processor yang mengerjakan satu program yang ada di memori utama.

Multiprogramming
yaitu kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu. CPU digunakan secara bergantian sehingga mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

You May Also Like

0 komentar